Sebatang Pohon


Jika ada sebuah pertanyaan berbunyi: jika kelak kamu dilahirkan kembali dan boleh memilih, kamu mau lahir sebagai apa?
*Ya meski terdengar tidak mungkin*


Jika mungkin sih aku ingin lahir kembali menjadi sebatang pohon.
Sejak dulu aku sangat seneng dengan dunia tumbuhan. Seneng ya bukan meneliti.
Aku ingin jadi pohon yang kokoh. Tumbuh dengan akar panjang. Menjaga air agar selalu tersedia dan bersih.
Andai aku sebatang pohon, daunku rimbun hijau.
Orang-orang akan sejuk memandangku. 

Daunku akan selalu berfotosistesis menghasilkan oksigen yang bermanfaat bagi banyak makhluk hidup lain. Daunku yang subur bisa jadi makanan untuk yang lain. Aku akan membantu banyak kehidupan.

Lalu jika daunku gugur, ia akan musnah menjadi humus yang menyuburkan tanah. Berjuta juta tahun kemudian akan menjadi batu bara.

Daunku juga bisa dipakai untuk tempat bersarang hewan lain. Aku akan bahagia berteman dengan mereka.
Tubuh kokohku akan jadi sesuatu yang penting bagi siapa saja.

Aku akan menjadi tempat bersandar yang nyaman. Kelak jika aku mati, tubuhku akan diawetkan.

Pada suatu masa aku juga akan berbunga, berbuah dan berganti kulit juga daun. Aku akan menyesuaikan diri dengan keadaan.

0 Response to "Sebatang Pohon "

Posting Komentar

Mini GK author from Gunungkidul, Indonesia

Tiket Promo

Followers