Perempuan Masa Kini, Karir dan Gaya Hidup

Saya bukan tipe orang yang suka basa-basi. Meski begitu sering kali saya berkomunikasi dengan bicara yang manis-manis tentang lawan bicara saya. Bicara manis bukan berarti bohong. Melainkan suatu tindakan yang berhubungan dengan kesopanan atau lebih tepatnya menjaga sikap sopan santun.

Namun begitu, saya tidak bisa memaksakan ajaran itu ke orang lain. Jadi saya hanya bisa maklum jika di  usia saya yang jelang 30 tahun ini banyak orang yang sering bertanya sesuatu yang terkadang terdengar sensitif di telinga dan hati. *tsah

Sebagai contoh;
"Mbak kapan nikah? Temen temen sudah punya anak lho."
"Eh jangan sibuk-sibuk terus, buruan nikah."
"Mau nikah umur berapa? Memang tidak ada laki-laki yang sesuai keinginan?"

Sebenarnya saya antara kesal dan ingin nyerang balik, tapi pikiran waras saya selalu mengingatkan; sabar, tidak semua orang kenal kamu dengan baik.

Begitulah. Mungkin orang tidak banyak yang tahu bahwa pernikahan bukan satu-satunya impian saya. Masih banyak hal lain yang juga penting di dunia ini. Dan hal itu adalah kebahagiaan.

Lalu apa sih definisi bahagia bagi gadis anggun jelang tiga puluh tahun ini?
Begini kawan, ada banyak arti dari sebuah kata "bahagia".

Salah satu gambaran bahagia bagi saya adalah jika hidup ini bewarna, hidup sehat dengan segudang prestasi.
Bagi saya hidup itu adalah ibadah. Kesempatan untuk berkarir mengembangkan talenta yang dititipkan Tuhan.

Saya memilih menjadi seorang penulis total yang sebagian waktu di habiskan untuk menulis di depan laptop, jalan-jalan berbagi pengalaman dengan pihak lain dan bercengkrama dengan ide.

Sebagai seorang penulis yang memulai karir dari nol, saya tentu sering mengalami kejenuhan atau kelelahan yang sangat. Jika hal ini telah menyerang maka harus punya jurus khusus. Berikut diantaranya;


1. Tidak memaksakan kehendak

Sesuatu yang dipaksakan maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bisa jadi justru mengecewakan. Jadi saya tidak pernah memaksa diri saya, namun bukan berarti memanjakannya juga. Tubuh harus dilatih untuk menghadapi segala situasi.

2. Selesaikan apa yang sudah dimulai sesuai target
Hal ini penting karena jika terhenti di tengah jalan maka tidak akan pernah ada cerita yang usai.

3. Selalu menjaga kesehatan jiwa raga

Pola dan gaya hidup sehat sangat penting bagi seorang penulis. Saya punya beberapa trik khusus agar selalu hidup sehat agar bisa terus berkarir.

Trik tersebut antara lain :

1. Tidur dan Makan cukup
Jika lelah maka istirahatlah. Jangan biarkan pula perut kelaparan. Perut lapar hanya akan membuat konsentrasi lenyap.

2. Tidur jangan larut
Yang terjadi dengan saya adalah, jika tidur kelewat larut maka paginya akan merasakan sakit perut. Hal ini sangat menganggu aktivitas selanjutnya selama sehari.


3. Biasakan minum banyak air putih dan jauhi soda

Teman ada yang heran karena saya tidak pernah mau minum soda. Saya minum soda paling setahun dua sampai tiga gelas saja. Selebihnya lebih memilih banyak minum air putih. Karena hematkah? Bisa jadi sih. Namun lebih dari itu, saya sadar bahwa kandungan air putih lebih bagus untuk kesehatan dibanding air lain, misal air gula, sirup atau soda.


4. Konsumsi buah-buahan dan sayuran hijau

Buah yang baik adalah buah yang masak di pohon. Jadi, biasakan menanam pohon sendiri di rumah. Saya menanam sendiri pisang, pepaya, jambu, avokad, mangga, nanas dan beberapa sayuran. Jujur saya ngeri jika melihat banyak sayuran dijual bebas dengan banyak pestisida yang menempelinya.


5. Olah raga

Olah raga murah dan bisa dilakukan kapan saja dan bahkan bisa dilakukan sendirian mau pun ramai-ramai yaitu lari atau jalan kaki. Saya tinggal di dusun yang kebanyakan penduduknya masih sering jalan kaki dibanding naik kendaraan.

6. Berkumpul dengan orang berpikiran positif
Percaya tidak percaya, jika kita sering berkumpul dengan mereka yang sering membicarakan kebaikan maka kita akan termotivasi untuk berbuat baik juga. Namun jika kita sering mendengar sesuatu yang mengesalkan, maka alam bawah sadar sering mencoba membuat karakter kita seperti itu juga.
Kalau sudah keseringan berpikir negetiv maka akan sangat sulit hidup tenang. Bawaannya curigaaan dan ini tidak baik bagi kesehatan.

7. Kurangi makan makanan berminyak dan berdaging
Minyak dan lemak berlebih hanya akan menimbun banyak bibit penyakit baru.


8. Minum susu jika perlu

Apakah saya mengkonsumsi susu khusus?? Tidak. Saya hanya sesekali minum susu dan ini saya lakukan jika sedang kepingin. Namun saya percaya susu sangat bagus untuk kesehatan. Setidaknya pengalaman teman saya yang seorang presenting dan model patut dicontoh. Beliau rutin konsumsi susu untuk menjaga rasa. Perhatikan komposisi yang terkandung di dalamnya.

9. Kurangi jajan di luar dan makanan berpengawet
Saya harus berterima kasih pada orang tua yang sejak kecil mengajarkan agar saya tidak banyak jajan. Mending makan masakan rumah. Dan juga makanan kemasan yang diawetkan sejujurnya tidak baik jika dikonsumsi terlalu sering. Saya tahu ini dari pengalaman kakak yang habis operasi beberapa waktu lalu.

10. Jauhi merokok dan minum alkohol
Telah terbukti jika dua hal tersebut sangat buruk bagi kerja organ-organ dalam kita. Efek dua hal tersebut memang tidak instan melainkan jangka panjang. Dan ini sangat bahaya karena kita akan sadar sakitnya setelah terlambat.


11. Untuk menjaga kesehatan jelang 30 tahun, boleh dengan mengkonsumsi suplemen

Suplemen yang baik tentu saja yang berasal dari alam. Usahakan untuk konsultasi dengan ahli gizi atau kesehatan untuk konsumsi suplemen.
Iya memang betul suplemen itu serupa vitamin tambahan, tapi tidak ada salahnya untuk mencari tahu lebih lanjut.
Suplemen yang baik biasanya mengandung omega 3 yang cukup. Juga beberapa bahan lain yang diformulasikan khusus untuk menjaga kebugaran tubuh.

Adalah Healt Happines superba krill oil salah satu suplemen dari Kalbe yang bahan utamanya berasal dari plankton dan ganggang merah.

Pastikan jika teman memilih suplemen maka suplemen itu harus jelas bahannya, siapa produsennya, juga prosedur penggolahan.

Menyayangi diri sendiri sangat penting sebelum menyayangi orang lain.
Hidup sehat sangat penting untuk mengejar karir.
Karir bagus bisa berdampak pada kebahagiaan.


8 Response to "Perempuan Masa Kini, Karir dan Gaya Hidup"

  1. Unknown says:

    Nice tips mbak

    Unknown says:

    #noted bunda strong:' sehat selalu yaa bunda...

    Unknown says:

    Jadi aku kudu makan plankton? :O

    djane says:

    *kedistrak sama komen si Reja nupa* *bayangin Mini sama Bang Reja berburu plankton dengan bahagia buat dimamam bersama*

    Unknown says:

    berburu plankton di bawah air terjun sri getuk. lalu berdua basah kuyup. sudah begitu saja.

    Unknown says:

    sisi medisnya kental kak mini

    Anonim says:

    Perempuan kuat itu perlu yang penting ketika single, ya harusnya happy. Kayak lagunya Im single and very happy

    Jangan lupa berolah raga, setuju banget sama tips ini. Saya termasuk yang sering pura-pura lupa untuk berolah raga.

Posting Komentar

Mini GK author from Gunungkidul, Indonesia

Tiket Promo

Followers