Angkringan Tobat Jogja


Pernah main ke Jogja? Bilang sajalah pernah (kalau belum pernah ya sudah kapan-kapan sama saya yuk menghabiskan waktu di Jogja barang sejam dua jam) *tsah
Kenapa saya tanya demikian? Itu karena saya mau cerita satu tempat nongkrong baru nan asyik. Kebetulan aja saya (saat posting ini) lagi asyik nongkrong cantik sambil nebeng wifi gitu.

Yang muda pasti kenallah yang namanya hangout.
Gara-gara hobi hangout inilah saya sering tratapan jika tanpa komando sebelumnya tiba-tiba ada pesan nyasar lewat WA.
Selo?Jalan yuk.Nanti sore. Jam 4. Ngobrol apa aja. 

Karena rasa persahabatan yang erat, ya sudah saya ikuti ajakan temen-temen.
Jam 4? Dimana? Mau ngapain?

Tidak perlu nunggu lama, langsung dijawab
Di Angkringan Tobat. Condong Catur. Toko Merah ke utara dikit. Jangan telat.

Okey. Jangan telat. Baiklah. Jika sudah ada kata itu maka wajib hukumnya datang tepat waktu.
Masalahnya, Angkringan Tobat itu di mana???? Saya di Gunungkidul, sementara jarak tempuk Gunungkidul Condong Catur kurang lebih satu jam perjalanan. Belum lagi kalau macet dan terutama nyasar.

Seumur-umur saya baru sekali ini dengar tempat nongkrong dengan nama Angkringan Tobat. Allah, pikiran saya sudah berkelana kemana-mana. Bayangan saya adalah angkringan yang di dalamnya kental dengan nuansa ala-ala Timur Tengah. *Saya harap kalian juga beranggapan begitu*

Dasarnya banyak berkhayal, ternyata Angkringan Tobat  tidak ‘semengerikan’ yang saya pikir.
Jadi gini kawan, seperti halnya angkringan yang khas dengan Jogja; Angkringan Tobat yang gitu-gitu. Gitu-gitu gimana? Ya gitu. Makanannya khas dengan nasi kucing, wedang jahe, sate usus, gorengan dan anek nyamikan (cemilan) lainnya.

Yah gak menarik dong, Min. Masak gitu-gitu aja….
Tenang kawan. Buat apa saya jauh-jauh ke Condong Catur kalau tempat nongkrong yang saya tuju biasa-biasa saja. Rugi dong.

Saya sih merasa senang diajak ke angkringan ini. Sejujurnya di sini banyak aneka makanan kok. Bentuknya sih emang serupa nasi kucing pada umumnya. Tapi banyak varian lho. Ada nasi bakar kemangi ampela, nasi bakar kemangi ikan, nasi teri, nasi oseng tempe, nasi sarden dan banyak nasi lainnya.

Kebetulan saya milih nasi kemangi ikan; nasinya gurih, dibakar dulu sebelum disajikan. Saat dibuka pembungkusnya, menguar aroma kemangi bercampur rempah, langsung nikmat disantap.

Aneka minuman juga tersedia. Teh, jeruk, kopi, jahe, susu, limun dan lainnya.
Yang suka gorengan, banyak nih. Tahu goreng, bakwan, mendoan, bakwan jagung juga banyak gorengan lainnya. Tak ketinggalan tentu saja aneka sate. Mulai sate usus, sate telur puyuh, sate bakso, sate kepiting, sate sosis.
Kita bisa milih, mau dibakar manis atau pedas. Saranku sih mending pedas, lebih nendang cuint.

Yang menarik adalah tempatnya enak san syahdu, kalau dipakai buat nongkrong bareng temen atau mungkin sendirian menghabiskan malam Minggu. (lalu disuraki Jomblo seJogja). 

Iseng, kami (iya saya kan datangnya ramai-ramai) tanyalah pada pemilik Angkringan Tobat mengenai arti nama TOBAT yang disematkan.
Dan ada ceritanya, cuint.
Kenapa namanya Angkringan Tobat? Itu karena selesai sholat mendadak saya kejatuhan ilham. Lalu tercetuslah ide untuk membuat angkringan. Karena dirasa sakral maka jadilah Angkringan Tobat; biar berasa aromanya.
Kapan Angkringan Tobat didirikan, Kakak? Angkringan Tobat berdiri sejak mendapat hidayah.

What?? Okey. *pinjem emot monyet tutup mat*
Angkringan Tobat; berdiri sejak mendapat hidayah adalah branding mereka.

Lalu apa yang menarik dari tempat satu ini?
Saya jawab; tentu saja makanannya. Selain itu juga sudah dipastikan halal dan bersihnya. Tempatnya bagus, jauh dari debu-debu. Buang jauh-jauh gambaran angkringan pinggir jalan. Dan yang pasti HARGANYA kagak bikin kantong kempes. Sepuluh ribu saya jamin kenyang.

So, jika kamu sedang di Jogja dan ingin juga nongkrong di tempat kece ini, yuk datang saja ke Angkringan Tobat, Jalan Sukoharjo Rt.02 Rw.08 Sanggrahan, Condongcatur, Depok, Sleman.
Oh, iya datangnya sore aja. soalnya buka mulai pukul 4 sore sampai 12 malam.
Cek IG; @angkringantobat


Ancer-ancernya, pokoknya kalau dari terminal Condongcatur lurus aja terus ikuti jalan aspal. Tempatnya mudah dijangkau kok, sama halnya dengan harga makanannya. Sayang cintamu tidak sebanding lurus dengannya #eh 


2 Response to "Angkringan Tobat Jogja"

  1. bimakuru says:

    kapan2 tak nyobak mampir ke angkringan tobat ahh..
    btw, ko gak ada foto daftar menu dan harganya kaks ?

    Amy says:

    wi finya kenceng ya.... wah, angkringan premium dong ada wi fi

Posting Komentar

Mini GK author from Gunungkidul, Indonesia

Tiket Promo

Followers