Rangkaian Acara Anniversary Qwords di Jogjakarta ; Istimewa

Jika kamu membuat orang lain bahagia hari ini, kamu juga membuat dia bahagia di waktu lain, yaitu saat dia mengenang kejadian tersebut
(Sydney Smith)


Riuh keceriaan memenuhi Kompleks Wisata kuliner Pringwulung, tempat berlangsungnya acara anniversary ke 9 Qwords.com.

Diperkirakan ada lebih dari seratus orang yang malam itu ikut dinner bareng. Terdiri dari bebagai komunitas yang ada di Jogja. Antara lain, Komunitas Blogger Jogja, TDA Kampus Jogja, Pengusaha Muda Jogja, Mahasiswa Amikom dan beberapa dari luar (umum).

Acara malam itu bertajuk ‘Ngobrol Bareng Pakar; Menulis dan Web Design’.
Seperti yang sudah-sudah, acara yang dibuat Qwords.com selalu banyak menyita perhatian untuk didatangi. Saya pribadi bilang, rugi buat kalian yang sudah melewatkan acara kece dari qwords.

Bagi saya pribadi, ini adalah kedua kalinya mengikuti acara yang digelar oleh Perusahaan penyedia web hosting di Indonesia tersebut. Pertama kali bertemu dengan mereka adalah bulan Desember tahun lalu.

Sebuah kebahagian sekaligus kehormatan selalu bisa menjadi bagian penting dalam setiap acara yang digelar Qwords.com
Jadilah bintang agar kamu tidak mudah dilupakan orang [Mini GK]. Agaknya quote ini mendarah daging di diri saya. Maka di mana pun berada, inginnya jadi sosok yang tidak mudah dilupakan.

Tahun lalu saya berkesempatan untuk menguasai mic, sebagai MC. Saat ini pun lagi-lagi saya diberi kesempatan menguasai mic sebagai seorang pembicara.
Tentu saja ini bukan pertama kalinya saya menghadiri gala dinner atau pun memberi materi di depan banyak orang. Namun bagi saya pribadi, acara ini tetap membuat saya sedikit grogi. Ya grogi, mengingat bahwa sebenarnya yang hadir malam itu sesungguhnya adalah orang-orang keren dari bidang yang mereka geluti.

Awalnya, beberapa hari sebelum hari-H, sang lurah Komunitas Blogger Jogja, Mas Iwan, mengirim pesan di facebook saya. Isi pesan itu menanyakan kesediaan saya untuk menjadi pemateri dalam sebuah acara. Beliau beranggapan bahwa saya cocok untuk mengisi acara dengan teman kepenulisan. Beliau tidak bilang itu acara siapa.

Saya sempat ragu, mengingat bahwa kemampuan yang saya miliki masih jauh dari kawan-kawan yang lain. Maka saya pun sedikit mengajukan banding, saya bilang kalau selama ini bidang yang saya geluti adalah dunia fiksi khususnya novel. Sedang otak saya sudah berlari mengartikan bahwa blogger biasanya menulis tentang realita bukan sebatas khayalan seperti saya.

Dan ternyata, Mas Iwan tidak keberatan. Beliau tetap memakai saya. Dipesan berikutnya dijelaskan bahwa ini adalah acara Qwords.com. Mengetahui hal tersebut, saya langsung menyanggupi tawaran itu. Mengingat bahwa selama ini acara Qwords.com selalu asyik dan tidak tampak resmi.

Namun saya tetap kaget saat Mas Iwan bilang bahwa acara (awalnya) bertemakan ‘Sukses Menjadi seorang Freelan Berpenghasilan Tinggi’. Hellooo…. Saya ingin berteriak, untuk khasus ini kok rasa-rasanya saya kurang cocok. Tapi saya tetap iyakan saya menjadi pemateri. Sampai akhirnya pesan kesekian, Mas Iwan bilang temanya diganti karena pemateri satunya tidak bisa hadir. Tema diganti dengan tajuk ‘Ngobrol Bareng Pakar Kepenulisan dan Web Design’.

Jleb. Lagi-lagi temanya kok terlalu membumbung melebihi khayalan saya. Pakar. Patut digaris bawahi, pakar. But, saya akhirnya tidak masalah, toh kalau pun hari ini saya belum jadi pakar setidaknya nanti setelah ini akan menjadi pakar yang sesungguhnya.


Lagian, acara ini saya rasa sangat cocok untuk ajang promosi sambil mengenalkan diri. Terus terang, saya sangat girang jika punya kesempatan tampil di muka dan mempromosikan karya-karya saya.
Bukan sombong but inilah salah satu kunci agar publik tahu siapa kita. Halah, padahal waktu itu disuruh promosi promosi sama Mbak Abel nggak mau, ngakunya sudah keseringan promosi. Tapi selesai acara, setidaknya follower saya nambah. Add me in @miniGeKa

Catatan khusus dari apa yang saya sampaikan; Bahwa menulislah, siapa pun kamu, menulislah. Suatu hari nanti akan engkau tahu apa fungsinya.


Oh iya, selain saya, satu lagi pemateri yang dihadirkan yaitu Mas Seta PM. Awalnya saya tidak kenal beliau, bahkan sampai sekarang pun tetap nggak kenal. :D

Itu adalah pertama kalinya saya ketemu dan pertama kalinya berjabat tangan. Ciee.
Menurut kabar yang beredar, beliau ini termasuk anggota TDA Kampus Jogja. And, beliau ini memang beneran pakar. Bukan seperti saya yang pakar-pakaran. Pakar dadakan.

Meski saya kurang begitu menikmati apa yang disampaikan Mas Seta. Maaf, mungkin ini efek karena saya kurang paham bahasa yang beliau pakai, hahah, tapi saya cukup senang dan kagum dengan karya-karya yang beliau hasilkan. *Asli, pingin belajar suatu hari nanti*
Sepertinya otak saya kudu diracuni dengan bahasa-bahasa istilah pemograman.

Beruntung saya datang tidak telat, meski harus menempuh perjalanan jauh. Mungkin saya adalah hadirin yang paling jauh rumahnya. *tanya ke Mas Jawardi yang juga dari Gunungkidul*
Saya sempat kebingungan karena tidak mendapatkan tebengan. Beruntung ada Jeng Retna yang jauh-jauh dari jalan Godean mau menjemput, dan akhirnya tersesat duluan sebelum sampai TKP.
Beruntungnya lagi, kami masih percaya pepatah ‘malu bertanya sesaat di jalan’, maka kami pun tanya-tanya kepada beberapa penjual angkringan di mana kiranya Valley Bambu berada. Bahkan dengan bantuan GPS, Jeng Retna masih juga salah menemukan lokasi.

Lucunya lagi, sampai di TKP, tukang parkir yang kami tanyai justru balik bertanya; “Mau ke acara kibod-kibod, ya, Mbak?”
Otak saya langsung dijejali alat musik yang dipencet-pencet Kevin Aprilio. Kibod, keyboard. Untungnya tidak lama saya nggeh juga. “Iya Pak, kiwod, di mana ya?”
Qwords= kiwod = kibod, lafalkanlah, untuk orang awam, harap dimaklumlah.
Dan sampailah di tempat yang kami tuju. Wajah Mbak Abel Qwords sangat mudah saya kenali. Masih seperti yang dulu pertama kami jumpa.

Dari sekumpulan manusia-manusia (yang sebagiannya saya kenali sebagai anggota #KBJ, ternyata hanya ada satu perempuannya), buru-buru saya ngoceh, “Kok cowok semua. Hellooo.”

Ternyata anggapan saya keliru. Hadirin yang saya lihat itu belum semuanya, karena tidak lama kemudian satu-satu kembali berdatangan. Dan banyak juga teman-teman perempuan. Ini menarik.

Selama ini saya lihat acara, jika acara kepenulisan yang datang biasanya kebanyakan cewek. Namun kalau acara blogger, kebanyakan cowok. Dan karena Qwords.com roadshow kali ini menggabungkan antara kepenulisan dan web hosting, maka yang datang pun berimbang antara kaum Venus dan Mars. *ajang pencarian jodoh sepertinya layak digelar di sini* *lirik yang berkecamata* *Sayang mas-mas Qwords yang dulu berkacamata ngisi materi nggak datang malam itu*
Satu lagi, sempanjang acara saya tidak melihat kue ulang tahun :D
Tapi nggak apa-apa sih, yang penting ada nasi ayam nila dan pudding. *terima kasih Qwords*

Ternyata malam itu, Qwords.com tidak hanya mengadakan pesta ulang tahun juga roadshow biasa. Qwords.com secara mengejutkan juga melaunching kantor barunya yang berada di Jogjakarta. Ini adalah kantor kesekian yang sebelumnya sudah tersebar di Jakarta dan Bandung. Dengan dipilihnya Jogja sebagai salah satu kantor baru, menunjukkan bahwa Qwords.com merasa nyaman dengan kota Gudeg tercinta. *Tepuk tangan*
Alamat kantor Qwords.com di Jogja berada di Jl. Perumnas No 89/299 Seturan Caturtunggal Depok Sleman Yogyakarta.
Bagi kawan-kawan blogger atau umum yang hendak berkunjung, atau tanya seputar hosting, monggo, silakan mampir.


Selain acara ngobrol bareng para pakar, ulang tahun Qwords.com yang ke Sembilan itu juga dimeriahkan dengan acara bagi-bagi doorprize. Entah ini kebetulan atau apa, but tidak ada kebetulan di dunia ini, tapi ternyata orang-orang yang berhasil membawa doorprize adalah orang-orang dekat saya.
Saya jadi mengkhayal *lagi-lagi mengkhayal* bahwa nama saya memang memberi hoki buat orang yang menyebutnya *abaikan karena ini musriiikkk*
Dua orang pemenang live tweet adalah Mbak Anggi dan Mas Wawan Setyawan, asli mereka berdua selain duduk di dekat saya juga isi tweetnya rajin mensen ke akun saya @miniGeKa


Lalu yang mendapat tongsis, oh ini juga kawan saya mahasiswa Amikom, ia jarang datang ke acara-acara ginian, begitu datang dan salaman dengan saya keberuntungan langsung turun untuknya. Bruk. Selamat Munirrr…
And, ini yang paling mengejutkan. Selamat buat Toyib yang mendapat tablet berkat undian yang saya ambilkan. Kurang baik apa saya ini?
Satu lagi, Samsung galaxy, diberikan ke mbak-mbak pacarnya teman saya. Tuh kan, lagi-lagi deketnya saya. :D

Akhir kata, saya sangat senang dengan adanya acara ini. Qwords telah berhasil menyatukan kami dari berbagai komunitas, dalam satu waktu dan tempat. Semoga kedepan, Qwords lebih sering lagi mengadakan acara semacam ini, sehingga mampu menyambungkan kami yang terserak.


Sebelum saya mengakhiri postingan ini, izinkan saya menyampaikan sesuatu yang kelupaan padahal seharusnya saya sampaikan di tempat acara saat itu. Sungguh saya sedikit menyesal, sepanjang acara menguasai mic namun lupa menyampaikan satu hal penting ini.
Yaitu, Selamat Ulang tahun Qwords.com semoga semakin berkilau di usianya yang semakin dewasa. Semakin dikenal dengan kantor cabangnya di mana-mana. And semakin dekat dengan para blogger dengan acara-acara yang senantiasa dihadirkan.


satu lagu buat untuk ulang tahun Qwords.com
Saengil chukha hamnida
Saengil chukha hamnida OOH
Saengil chukha hamnida
Dangshineui saengireul
Happy birthday to you (Happy birthday to you)
Happy birthday to you (Happy birthday to you)

Lagu ini dinyanyikan Go Hay Me untuk sahabatnya Jinguk. dan hari ini saya nyanyikan untuk sahabat saya, Qwords.com
Rasanya, tidak berlebihan jika saya bilang, Qwords.com adalah satu dari sekian banyak sahabat para Blogger.

Salam Maksimal dari yang teristimewa.
Saya, Mini GK, @miniGeKa

Buat kawan yang bingung apa sih itu Qwords.com, coba deh buka laman ini masih bingung, coba buka ini

3 Response to "Rangkaian Acara Anniversary Qwords di Jogjakarta ; Istimewa"

  1. apritos says:

    Kemaren aku sebelum acara ngobrol bentar mbek jenengan, kok rung entuk keberuntungan mbak... ckckck

    wah, pakar penulis e melu juga.

    pengen ikutan lagiiii... tahun ini kagak ikut .nyesel banget :'(

Posting Komentar

Mini GK author from Gunungkidul, Indonesia

Tiket Promo

Followers