Review "Speed Reading For Beginners"



Kali ini sedikit mau review dari buku yang beberapa hari lalu berhasil saya download di website ini.

Pernahkah kalian mengenal yang namanya 'Speed Reading' atau istilah kita membaca cepat? Saya pernah beberapa kali dengar kata itu, tapi saya beberapa kali pula mengabaikan itu kata. Tak pernah mencoba mencarinya atau mendalaminya lebih. Sempat berfikir, "Buat apa membaca cepat, toh membaca santai saja itu yang nikmat."


Dan ternyata setelah kemarin download dan membaca ebook "Speed Reading For Beginners" karya Pak Muhammad Noer, saya mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Dan tentunya saya mengetahui bahwa, "Oh ternyata punya kemampuan membaca cepat itu punya banyak mamfaatnya."

Bagi yang sudah membacanya pasti akan merasakan perbedaan tersendiri sekarang mengenai cara membaca, setelah memahami atau setidaknya mempraktekan tips-tips yang ada dalam ebook tersebut.

Sebenarnya apa sich itu buku "Speed Reading For Beginners"?

Dalam buku ini dijelaskan tentang beberapa bab yang sangat menarik untuk kita kaji lebih dalam diantaranya adalah :

1. Apa yang menyebabkan penulis menyukai speed reading.

Dalam bab ini akan dijelaskan tentang banyak hal tentang membaca dan apa saja yang menyebabkan orang malas membaca. Kita juga akan dikenalkan dengan mind mapping atau istilah gampangnya membuat kata kunci, kebetulan teknik ini sudah sering saya lakukan.

2. Mengapa membaca cepat dan cerdas itu penting?
Sampai di bab ini kita akan diajak untuk menyimak beberapa mamfaat dari cara cepat membaca. Kita akan bisa memilah informasi penting dan tidak penting. Manguasai informasi dengan cepat dengan hanya teknik membaca cepat. Di sini benar-benar dijelaskan tentang manfaatnya dari teknik membaca cepat.

Dijelaskan pula bahwa dengan kita menguasai belajar cepat mampu untuk menghemat pengeluaran biaya untuk beli buku.

3. Mitos dan sejarah membaca cepat.
tentu saja bab ini membahas asal muasal cara membaca cepat.

4. Ukur kemampuan baca anda.
Tantangan pertama dalam buku ini. Kita bisa mengukur berapa kemampuan kita dalam membaca. Bisa mengukur setiap sekian menit berapa kata yang berhasil kita capai.

5. Apa yang menghambat seseorang dalam membaca cepat?
Dan ternyata lagi-lagi di sini saya menemukan beberapa kebiasaan yang ternyata itu buru dan mesti diberantas. Disajikan dalam bab berikutnya.

6. Teknik dasar membaca cepat

7. Menghilangkan kebiasaan buruk dalam membaca
hambatan membaca cepat, penjelasan dan cara mengatasinya disajikan dengan apik dan runtut. dan ternyata saya adalah baru kuketahui seseorang yang mengidap masalah subvokalisasi di mana menghayati terlalu dalam dan bisa-bisa lambat memproses ke otak, lebih banyak menancap di hati.

8. teknik membaca secara vertikal
9. Teknik Khusus Dalam membaca Cepat

Buku ini ditulis bukan supaya kita bisa membaca cepat tanpa memperhatikan kualitas. Namun mengajak kita untuk tidak menghafal suatu buku melainkan memahaminya dengan cepat dan mengenai di otak.

membaca cepat tidak hanya bisa diterapkan pada bacaan-bacaan ringan, namun bacaan agak berat pun bisa. Untuk novel-novel pun tak ada masalah.

Dengan belajar teknik-teknik dasar dalam buku ini, kita akan mengetahui bahwa Otak manusia mampu memproses kata-kata dengan baik bahkan ketika kata-kata itu dibolak-balikkan posisinya. Terlihat dari contoh yang ada (hal. 46-47)

Saya juga mengenal apa itu yang namanya Sub Vokalisasi yang ternyata adalah kebiasaan yang kurang baik dan perlu untuk dikurangi.Sub vokalisasi adalah membaca di dalam hati. Sub vokalisasi termasuk yang paling sulit diatasi bahkan oleh pembaca cepat sekalipun. Secara natural ini terjadi dalam diri setiap orang. Sub vokalisasi akan mengganggu jika kecepatan baca Anda menjadi cenderung rendah karena terlalu “menghayati” kata per kata. (hal.61)

Tidak hanya itu saja, kita juga masih disuguhi bonus (yang sebenarnya adalah contoh bacaan) tentang IQ dan EQ.

Kita juga diajak untuk melakukan SQ3R atau pun PQRST. Itu merupakan tahapan-tahapan dalam teknik membaca yang perlu kita jalankan. Jangan hanya membaca cukup membaca saja.

Masih penasaran juga??? Kunjungi webnya dan dapatkan bukunya. (MA)


Pereview adalah Mieny Angel (Jogja), seorang yang masih belajar dan akan terus belajar. Seorang yang ingin terus mengasah kemampuan dalam tulis menulis dan mengajak temannya untuk membaca juga belajar menulis.

17 Response to "Review "Speed Reading For Beginners""

  1. Todi saja says:

    dan sayapun sedang membaca blog dek mieny dengan cepat :)
    reviewnya oke, dah ckup menggambarkan tentang membaca cepat....:)

    perlu di coba ini, makasih infonya .......
    :)

    Kak Tody, secepat apakah itu kak. Adek juga mau belajar ni Kak

    Kak Muhammad... bener perlu dipraktekkan itu Kak... coba donload bukunya dach

    klo saya si mending yang biasa2 aja ah.
    klo terlalu cepet baca mungkin harus berkali2 bacanya, begitu juga sebaliknya klo terlalu pelan susah lama nagkap kadang lupa lagi yang barusan di bacanya
    hxhhxhxxx
    salam Indo Blogger Community
    mampir di sini ya
    Belajar gitar

    cah_nom says:

    lewat hipnotis aja sekali jepret satu lembar kebaca semua :D, klo g salah gitu hehehe

    Pernah baca buku soal membaca cepat.
    dan pernah dicoba juga baca terus tanpa harus mundur ke belakang, cukup efektif juga kalo buat baca novel-novel yg tebal.
    Tapi kalo dipake buat ngapalin pelajaran sistem kebut semalem, yang ada baca tamat tp besoknya lupa lg. ( belom biasa kali yah, atau emang otak gue nya aja kali yg dodol ^^" )

    Idan.... mungkin awalnya memang, waduh membaca cepat kurang efektif. Saya pun awalnya seperti itu, tapi disini (dalam buku) dijelaskan perlu membaca cepat itu, dan beberapa keuntungan mampu membaca cepat

    Cah Nom... lewat hipnotis malah berbahaya lho :D ya kalau hipnotisnya hilang gimana?? tar ilmunya malah ilang semua.. :D

    Kak Dhika... dalam buku ini dijelaskan membaca cepat itu bisa untuk segala macam buku, kita diawal akan disuguhi tentang yang namanya "MIND MAPPING" istilah gampang Kata Kunci.. aku sudah mempraktekan ini sejak lama :D

    Todi saja says:

    Seberapa cepat saya membaca?? bingung juga kalo ngedeskripsiin..tapi konsepnya ya sama itu, dengan mind mapping plus kebiasaan...hehehe

    Iya Kak Todi... Adek juga pake itu mind mapping coret coret peta dunia :D

    Kali ini q harus bisa komentar... XD

    Ha ha ha, bisa uga rupanya... mon7...
    Soalnnya q pake New Flock 3.5.3 ^^
    Easy and fast... ^^
    http://www.megaangkasa.co.cc/2011/03/new-flock-353-offline-installer.html
    ҳxЦпъЯǾҗÈпљlєxҳ ДЯЖ

    yach beben.. gimana udah praktek baca cepat belum???

    doell says:

    Congrats ya mini.. hehehe sukses terus.. kalo bisa makan-makan nya dongg.. lumayan tuh gope.. heheheheh :P

    Doel... hahaha makacih yach semangatnya

Posting Komentar

Mini GK author from Gunungkidul, Indonesia

Tiket Promo

Followers