Ketika Seorang Wanita Bekarya [XL Kartini Digital]


Ketika Seorang Wanita Bekarya
Oleh : Mieny Angel

Tahun 2011

Di era ini laki-laki atau pun perempuan sama saja haknya dalam mencicipi sebuah kemajuan teknologi. Tak bisa dipungkiri lagi kemajuan teknologi belakangan memang menjamur. Namun hendaknya kita khususnya perempuan tidak seharusnya dengan begitu saja melahap mentah-mentah sodoron teknologi tanpa menggunakan bumbu-bumbu racikan pengetahuan. Kita harus mengetahui manfaat dari teknologi yang tengah kita icipi.

Sebagai contoh yang mudah kita ambil komputer. Bermanfaat gak sih kita mempelajarinya? Atau kita menggunakan komputer hanya untuk sekedar hiburan semata??? Hay bangun, gak jamannya hari gini makai komputer apa lagi yang berinternet hanya untuk mainan.

Saya pribadi adalah seorang perempuan yang berusaha menjajal kemampuan atau lebih tepatnya menjajal bekarya lewat fasilitas internet.

Siapa bilang perempuan tak boleh memakai internet? Siapa bilang perempuan hanya bisa mengurus anak dan dapur? Coba tengok para petinggi kita, atau kalau kesusahan menengok mereka cobalah tengok para penulis di Indonesia. Kita sudah banyak memiliki petinggi Negara juga penulis yang berasal dari kaum hawa. Ini menunjukkan bahwa seorang perempuan pun mampu berkarir dibidang tertentu dimana di dalamnya melibatkan peralatan canggih, teknologi yang tengah marak.

Perkembangan teknologi sangat membantu bagi kita yang hendak mengembangkan karir. Dengan teknologi kita para perempuan juga mampu untuk terus bekarya. Hanya orang yang berpikiran pendek saja yang akan beranggapan kemajuan teknologi hanya akan membodohkan umat. Kemajuan teknologi hanya akan menimbulkan banyak kejahatan. Banyak juga yang bilang kemajuan teknologi hanya akan membuat kaum hawa lupa tugasnya. Kaum hawa banyak kena imbasnya. STOP. Tidak semuanya seperti itu.

Kembali kepada seorang perempuan. Perempuan pada hakekatnya punya banyak kemampuan untuk menciptakan sebuah karya. Tidak hanya lelaki saja yang mampu menguasai sebuah bidang tertentu.

Kalau kita mau tengok sejenak saja. Banyak sebuah perusahaan yang mempunyai situs website handal dimana di balik layar dioperasikan oleh seorang perempuan. Ini menunjukkan bahwa seorang perempuan pun berhak untuk ikut andil dalam sebuah kemajuan teknologi. Walau tak jarang masih banyak wanita yang jadi korban teknologi, itu semua disebabkan karena pengetahuan yang minim. Seperti yang tersebut di depan, belum tahu secara tepat manfaatnya hanya mengambil dan memakannya secara mentah.

Kemajuan teknologi akan sangat bermanfaat untuk para perempuan.

Tidak jarang seorang ibu rumah tangga yang pekerjaan pokoknya mengurus anak ternyata mampu mencari penghasilan tambahan hanya dengan menggunakan internet. Atau sebaliknya. Seorang perempuan masih punya banyak waktu untuk mengurus anak dan keluarga, padahal pekerjaan pokoknya adalah seorang pengusaha. Dia hanya cukup memantau keadaan pasar lewat layar komputer. Begitu mudahnya jika kita mampu memanfaatkannya.

Sekarang sudah tak ada salahnya lagi jika seorang perempuan itu mahir mengelola teknologi. Bahkan kalau pun mungkin hendaknya setiap perempuan itu melek teknologi. Sekedar tahu saja supaya tidak menjadi perempuan yang lemah karena teknologi.

Pada kenyataannya memang kita tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi. Mulai dari telpon genggam, televise sampai internet sekalipun. Namun apa pun bentuk teknologi hendaklah kita menyadari manfaat dan kelamahan atau pun efek yang akan ditimbulkannya. Terlebih kita sebagai seorang perempuan.

Jadilah seorang perempuan yang tidak pernah lupa akan kewajiban dan tugasnya sebagai seorang wanita. Sekalipun engkau seorang perempuan yang canggih menggunakan teknologi yang menjamur, hendaklah tetap selalu mengingat bahwa engkau adalah seorang perempuan. Jadilah perempuan yang lembut sekaligus perempuan yang smart. Pengetahuan luas, otak cerdas juga saying keluarga.

Kepada para wanita, jangan takut untuk mengenal teknologi. Jangan takut untuk bekarya selagi kalian ingat akan posisi kalian. Bekarya boleh saja, mencicipi teknologi oke saja namun keluarga juga tetap utama.

Semoga dengan adanya teknologi kita makin banyak mempunyai waktu untuk bersama keluarga. Dengan telpon kita mampu mendengar suara buah hati kita yang tengah berceloteh saat kita sedang di tempat jauh. Dengan televisi kita mampu melihat keadaan di tempat lain. Dengan internet kita makin banyak mengenal dunia.

Jangan pernah takut dan jangan kaget dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin hari semakin menjamur. Siapkan diri kita menjadi wanita yang super tangguh untuk menghadapinya.

Teruslah bekarya untuk para wanita. Tunjukkan pada dunia bahwa kita juga mampu.[MA]

*****

Wonosari, April 18.2011
Kepada para Kartini yang mewarnai dunia dengan karyanya



Postingan ini diikutkan dalam XL KARTINI DIGITAL

14 Response to "Ketika Seorang Wanita Bekarya [XL Kartini Digital]"

  1. Aku sangat mendukung sekali Seorang Wanita yang ingin berkarya, yang tak mudah putus asa... banyak wanita yang menyimpulkan kepada dirinya sendiri, halah wanita paling plaing juga ke dapur... :D Sifat pesimis

    amazing..
    tanpa perempuan dunia ini takkan bisa berjalan..
    semangat buat mbak mieny ya..

    Mz sandy... thanks atas dukungannya untuk para perempuan yang mau bekarya. Perempuan pun dalam bekarya tetap akan melihat kemampuannya sebagai perempuan

    Iman... thanks Dek, memang di balik negara yang makmur tetap ada wanita di sananya

    saya sangat suka jika lihat perempuan melek teknologi,apalgi sampai bisa bikin sebuah website dan bisa hacking tentunya.pasti keren bangad.

    siapa saja boleh menikmati kemajuan teknologi.

    eros says:

    bangga menjadi perempuan :)

    Qefy says:

    Iya stuju kalau perempuan memahami dan mampu menggunakan teknologi, bahkan saya senang dengan hadirnya Anne Ahira yang pandai di dunia marketing Online. Perempuan itu sangat jeli menurutku, sangat hati2. Saya pun yakin Mieny mampu menciptakan karya besar dan berpengaruh. Yakin...

    Mz Daur Ulang.... mari kita ajarkan pada Perempuan khususnya agar tidak takut dengan teknologi dan tentunya juga belajar teknologi sehat. jangan sampai keranjingan malah lupa ma tugas jagain anak ^^

    Mz Eros... kita adalah perempuan perempuan tangguh Insya Allah

    Kak Qefy.. Amin Ya Rab. Semoga suatu hari nanti dengan aku melek teknologi akan mampu menghasilkan karya terus .. Amin

    anazkia says:

    Aku ndak pake XL :((

    Yah memang teknologi untuk semua kalangan, jadi bukan sebuah alasan bagi perempuan untuk tidak mengenal teknologi.
    "Haree gene ga tau teknologi..!"
    "Apa kata Duniaa,,," teriak bang Nagabonar

    Mbak Anazkia... makanya pakai juga hehe.. bukan promosi tapi aku juga make lho :D


    Andhika.. kak Dumin, hehehe saia juga lagi belajar teknologi tanpa harus berubah jadi wanita yang garang.. saia tetep menerima kalau di bawah pimpinan laki-laki :D

    magfirah says:

    makin kreatif aja ..... perempuan yang satu ini. maju terus kartini masakini.

Posting Komentar

Mini GK author from Gunungkidul, Indonesia

Tiket Promo

Followers