WRITING jULI-aGUSTUS 2010


Hem....menjadi salah satu penulis terkenal adalah salah satu asa dari sekian banyak asa yang ku miliki.
Dan lewat blog ini, aku sedik demi sedikit mengasah bakat ku untuk menulis, walaupun itu hanya sekedar goresan pena. Dari goresan-goresan pena ini akan sedikit memberi gambaran tentang dunia ku. Siapa aku dan bagaimana aku.

Aku selalu berharap akan ada orang yang senang dengan tulisanku. Mungkin diriku juga berharap suatu hari nanti akan menghasilkan rupiahlah dari hoby ku menulis, namun kalau pun tak dapat...tak apalah. Yang penting aku mampu berkarya.

Dan ternyata sekarang ada kesempatan untuk sedikit menegembangkan sayap lebih lewat. karena ada beberapa sayembara yang bisa kita ikuti.

Info ini aku dapat ( Copasan ) dari temen Facebook Ku. Terimakasih Kawan atas infonya.

Berikut Lomba-lomba menulis yang bisa kita ikuti :


Assalamualaikum Wr.Wb.

Berdasarkan hasil rapat emak-emak yang suka ngerumpi-in “hamil” dan “melahirkan” bukunya hehehe, maka mau juga dong menuliskan pengalaman melahirkan yang sesungguhnya!

Ada lo yang melahirkan susah banget! Ampe lebih dari 9 bulan 10 hari kudu masuk kandang ayam biar katanya lancar persalinan, hehehe *mitos.com* ada juga kudu ceasar makan biaya banyak! Ada yang jebroool mudah banget…. (Alhamdulillah)

Nah, mari berbagi kisah pengalamanmu saat detik-detik itu!

1. Tulis pengalaman nyatamu tentang detik-detik melahirkan! Dari awal apa saja yang disiapkan sampai usai dengar anaknya menangis! (Jadi jangan cerita sampai anaknya menikah ya!:))
2. Kisah penuh hikmah, haru dan inspiratif! Bahasa yang ringan, memperhatikan kaedah bahasa dan tidak alay!
3. Ketik di kertas A4, TNR, 1,5 spasi, Maksimal 12 halaman dan berformat rtf ya!
4. Berikan tips di akhir kisahmu ya!
5. Kirim ke email naqiyyah_syam@yahoo.co.id dan cc ke qonita82@yahoo.com
6. Naskah diterima paling lambat tanggal 17 Agustus 2010 pukul 24.00 WIB. Naskah berbentuk attachment (jangan di badan email).
7. Sertakan biodata berbentuk biografi singkat + fotomu bersama bayimu!

Ayooo emak-emak! Kirimkan naskahmu! Abis upacara 17 Agustus, ditunggu ya!
Merdeka!!! ^_^

Waalaikumsalam Wr.Wb.
Ini saya copas dari note Amanda Ratih Pratiwi

Bismillah…
Assalamualaikum sahabat, slamat siang, met mamam siang, met bobo siang juga tentunya Apa kabar? Mudah2an sehat selalu yah.. Alhamdulillah saya juga baik2 saja, dan baru melahirkan 3 bayi kembar :D *ngaco.com*

Lagi, tawaran untuk membuat antologi, dan akan ditawarkan pada penerbit
Apakah facebook untuk pertama kalinya menemukan kamu dengan sahabat kamu?
Apakah facebook juga menemukan kamu dengan jodohmu?
Apakah lewat facebook juga awal perceraian kamu dengan suami? *Naudzubillah*
Apakah lewat facebook juga awal bertemunya dengan rezeki kamu?
Segudang rasa.. segudang cerita.. tumpah ruahkan dalam curhatan… semuanya berawal dari Facebook..


Yuk ditullis. Ini ketentuannya :

Tema : ‘BERAWAL DARI FACEBOOK BARUKU’ *kayak judul lagu gigi* :D
1. Tulisan harus dari pengalaman sendiri
2. Tulisan harus benar2 menceritakan pengalaman kamu ketika menemukan awal yang luar biasa melalui Facebook,
3. Cerita yang dibuat sangat..sangat mengandung hikmah, inspiratif, kalau bisa menyentuh dan menguras air mata itu yang lebih bagus
4. Penilaian : Tulisan mengalir,renyah, enak dibaca, Pemilihan kata/gaya bahasanya, no alay, Kemampuan mengolah tema, Fokus, tdk melompat2
5. Panjang,maksimal 10 hal,Min 6 hal TNR 1,5 spasi
6. Cerita tak sekedar cerita, harus ada tips and trik seputar cerita kamu, kalau mau ngasih karikatur juga ga papa :D
7. Deadline : 1 Agustus 2010, jam 12.00 teng WIB, nggak boleh nawar! tawar nggak dapet diskon.. hag..hag..

Dikirim ke : antologiku@gmail.com, attachment ya, jgn dilampirkan di badan mail T_T
dengan subjek : "Berawal dari Facebook baruku'

Facebook memang buatan yahudi, tapi manfaatkan buatannya untuk berbagi ilmu, cerita, canda tawa, juga air mata..

Salam! Semoga sukses
KOMPETISI MENULIS ARTIKEL Online INTERNET SEHAT AMAN

Tema: “Jejaring Sosial Yang Sehat & Aman”

Jejaring sosial atau jaringan sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Analisis jaringan sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul.

Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Karena karakteristiknya yang mengikat setiap individu di dalamnya, informasi apapun akan tersebar dengan cepat dalam komunitas sebuah jejaring sosial, melintasi batas komunitas, bahkan melintasi dunia maya melebihi media apapun.

Dalam kesempatan ini Program Internet Sehat Aman (INSAN) KEMENKOMINFO beserta Teknopreneur Indonesia menyelenggarakan suatu kegiatan bersama yaitu : “KOMPETISI MENULIS ARTIKEL Online INTERNET SEHAT AMAN”. Dengan tema penulisan “Jejaring Sosial Yang Sehat dan Aman” Kegiatan ini merupakan sarana untuk para pengguna jejaring sosial mengungkapkan pikiran dan pendapat yang di tuangkan dalam tulisan atau artikel yang bermanfaat untuk orang banyak. Tulisan akan di nilai oleh dewan juri yang kompeten di bidangnya, serta di publikasi ke media online.

DEWAN JURI:
* M. Andy Zaki, CEO & Pemimpin Redaksi Teknopreneur
* Andrew Darwis, Founder Kaskus
* Djoko Agung, KEMENKOMINFO

Syarat Peserta:
* Peserta lomba adalah perseorangan dan memiliki jejaring sosial (KasKus, Koprol, Facebook, Friendster, Plurk, hi5, dll)
* Tidak ada batasan usia bagi peserta.
* Peserta diwajibkan memiliki akun Insan dengan mendaftar di http://www.insan.or.id/.
* Tulisan harus di tampilkan pada akun jejaring sosial yang di miliki oleh peserta, bisa berupa artikel Blog, Notes, Testimonial atau Thread di akun jejaring sosialnya. (dan mencantumkan alamatnya pada Formulir pendaftaran)
* Formulir pendaftaran di http://insan.or.id/form

Ketentuan Penulisan:
* Bahasa yang digunakan bahasa Indonesia (termasuk didalamnya bahasa serapan, atau bahasa sehari-hari)
* Isi tulisan berkisar 4000- 5000 karakter (termasuk spasi)
* Tulisan memuat gambaran manfaat serta bahaya penggunaan jejaring sosial, berdasarkan kepada pengalaman,data dan analysis penulis.

Kriteria Penilaian:
* Originalitas
* Data & Analysis
* Gaya Bahasa

Ketentuan Pemenang:
1. Dari seluruh peserta, akan dipilih 3 Tulisan terbaik.
2. Pengumuman pemenang & Pembagian hadiah akan dilaksanakan pada acara puncak.
3. Keputusan dewan juri adalah mutlak, tidak dapat di ganggu-gugat dan tidak ada korespondensi apapun terkait dengan keputusan yang telah dikeluarkan.

Pendaftaran:
1. Registrasi *batas akhir 6 Agustus 2010. Peserta melakukan registrasi dengan mengisi formulir peserta di http://www.insan.or.id/form.
2. Pengumuman pemenang/Grand Final ( 13 Agustus 2010). Pengumuman pemenang di lakukan dalam sebuah acara khusus yang dilangsungkan dalam format seminar.

Hadiah:
* Juara I : 1 Unit Netbook
* Juara II : 1 Unit Smart Phone
* Juara III : 1 Unit Modem GSM

Committee Secretariat:
Wijaya Grand Center Blok F No. 85, Jakarta Selatan
HOTLINE: +62 21 7125 8089
T. +62 21 720 1140| F. +62 21 726 1913
e. info@insan.or.id
url. http://insan.or.id/
--------------------------------------

Lomba Penulisan Artikel tentang Kepustakawanan Indonesia (LPAKI 2010)

DITUJUKAN KEPADA
Masyarakat umum dan pemustaka Perpustakaan Nasional RI

ISI PENGUMUMAN

I. PENDAHULUAN
I. LATAR BELAKANG
Keberadaan masyarakat merupakan modal dasar dalam pembangunan. Keberhasilan pembangunan dipengaruhi faktor partisipasi masyarakat. Apabila pemerintah mampu mendayagunakan masyarakat, maka masyarakat menjadi potensi besar yang bermanfaat dalam pembangunan. Sebaliknya, bila potensi tersebut tidak dapat dimanfaatkan, justru akan menjadi beban. Begitu pula dalam pembangunan bidang perpustakaan di Indonesia.

Pembangunan bidang perpustakaan membutuhkan partisipasi masyarakat. Saat ini, bukan lagi saatnya masyarakat hanya diposisikan sebagai objek layanan perpustakaan. Masyarakat juga harus bertindak sebagai aktor yang memiliki peran penting dalam pengembangan perpustakaan. Partisipasi masyarakat dalam pengembangan perpustakaan dapat diwujudkan dalam bentuk materi, saran yang bersifat konstruktif serta berperan aktif dalam mendirikan perpustakaan desa atau perpustakaan lembaga keagamaan, seperti perpustakaan masjid dan gereja. Kesemuanya itu adalah bentuk pembangunan bidang perpustakaan dengan metode bottom-up yang berbasiskan masyarakat.

Undang-Undang RI Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan pasal 43 mengamanatkan perlunya peran serta masyarakat dalam pembangunan bidang perpustakaan. Pasal tersebut menyebutkan bahwa masyarakat berperan serta dalam pembentukan, penyelenggaraan, pengelolaan, pengembangan dan pengawasan perpustakaan. Undang-undang tersebut memberi dasar hukum bagi keterlibatan masyarakat dalam pembangunan perpustakaan di Indonesia.

Perpustakaan Nasional RI sebagai lembaga pemerintah yang bertugas membantu Presiden dalam penyelenggaraan tugas pemerintahan di bidang perpustakaan, berupaya mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam pembangunan perpustakaan di Indonesia. Untuk itu, Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan Lomba Penulisan Artikel tentang Kepustakawanan Indonesia Tahun 2010 (LPAKI 2010). LPAKI 2010 bertujuan memberi kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi aktif dan berkontribusi dalam pembangunan perpustakaan di Indonesia. Partisipasi dan kontribusi masyarakat melalui lomba ini dapat berupa ide pengembangan perpustakaan di Indonesia, inovasi baru di bidang perpustakaan, maupun pengalaman atau best practice dalam penyelenggaraan dan pengembangan perpustakaan berbasiskan masyarakat. Kami mengundang seluruh masyarakat untuk berpartisipasi mengikuti lomba ini dan mengirimkan naskahnya sesuai jadwal yang ditetapkan.

II. TEMA LPAKI 2010
Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Perpustakaan sebagai Wahana Pendidikan Sepanjang Hayat

III. PILIHAN TOPIK
Panitia menyediakan beberapa topik tulisan untuk dikembangan. Topik diberikan sebagai pedoman bagi peserta dalam mengembangkan tulisan dan tidak dimaksudkan sebagai judul tulisan. Berikut topik yang dapat dipilih:

1. Pemanfaatan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk Pengembangan Perpustakaan
2. Kebutuhan Informasi dalam Menentukan Arah Pengembangan Perpustakaan
3. Pemberdayaan Masyarakat untuk Membangun Perpustakaan

IV. PERSYARATAN PESERTA LPAKI 2010
1. Peserta lomba adalah masyarakat umum;
2. Melampirkan fotokopi KTP/SIM/Kartu Mahasiswa atau identitas lain dan daftar riwayat hidup;
3. Peserta lomba dapat mengirim lebih dari satu artikel dengan judul berbeda;
4. Isi artikel harus relevan dengan tema lomba dan topik penulisan;
5. Artikel harus asli, bukan terjemahan dan belum pernah dipublikasikan di media apa pun serta tidak sedang dilombakan;
6. Bentuk tulisan ilmiah popular, ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar;
7. Artikel ditulis dalam format MS Word sepanjang 8-14 halaman (10.000-15.000 karakter), ukuran kertas A4, spasi 1.5, jenis huruf Times New Roman, ukuran huruf 12, rata kiri (align text to the left);
8. Artikel dikirim melalui email, disertai identitas pribadi (termasuk nomor telepon yang mudah dihubungi), ke alamat:
luthfiati@pnri.go.id dan
cc. lpaki_2010@yahoo.com dan luthfiatimakarim@ymail.com
Subject: Naskah (nama peserta) LPAKI 2010
9. Artikel harus sudah diterima Panitia selambat-lambatnya hari Selasa, 31 Agustus 2010 (tanggal kirim email);
10. Panitia tidak melayani surat-menyurat;
11. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat;
12. Artikel pemenang menjadi milik Perpustakaan Nasional RI;
13. Artikel pemenang akan dimuat di majalah Visi Pustaka serta dimasukkan ke dalam web resmi
Perpustakaan Nasional RI www.pnri.go.id;
14. Pemenang lomba akan diumumkan di web pnri www.pnri.go.id pada pekan ke-2 atau ke-3 Oktober 2010;
15. Jika di kemudian hari pemenang diketahui melanggar UU Hak Cipta maka kemenangan peserta akan digugurkan dan peserta wajib mengembalikan hadiah kepada Panitia.

V. KRITERIA PENILAIAN
1. Keaslian ide;
2. Pemahaman terhadap tema dan topik;
3. Kekayaan informasi;
4. Ketepatan menganalisis atau menafsirkan permasalahan;
5. Kekuatan data, fakta dan argumentasi dengan menyebutkan sumber rujukan yang jelas;
6. Bahasa yang digunakan baik dan benar namun tetap komunikatif dan mudah dipahami.

VI. HADIAH PEMENANG
Juara 1: Rp. 5.000.000,- (Lima juta rupiah) dan piagam penghargaan;
Juara 2: Rp. 4.000.000,- (Empat juta rupiah) dan piagam penghargaan;
Juara 3: Rp. 3.000.000,- (Tiga juta rupiah) dan piagam penghargaan;
Juara Harapan 1: Rp.2.000.000, (Dua juta rupiah) dan piagam penghargaan;
Juara Harapan 2: Rp.1.500.000,- (Satu juta lima ratus ribu rupiah) dan piagam penghargaan;
Juara Harapan 3: Rp.1.000.000,- (Satu juta rupiah) dan piagam penghargaan.

Hadiah dipotong pajak yang ditanggung oleh pemenang.
Sumber:
http://kelembagaan.pnri.go.id/activities/announcement/idx_id.asp?box=dtl&id=307
---------------------------------------------

Sayembara Cerpen & Cerber Femina 2010!

Syarat Umum
• Peserta adalah Warga Negara Indonesia.
• Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik & benar dan menggunakan ejaan yang disempurnakan.
• Naskah harus karya asli, bukan terjemahan.
• Tema bebas, namun sesuai untuk majalah femina.
• Naskah belum pernah dipublikasikan di media cetak, elektronik & online dan tidak sedang diikutsertakan dalam sayembara lain.
• Naskah dilampiri formulir asli dan fotokopi KTP.
• Formulir yang diunduh dari www.femina.co.id merupakan formulir asli.
• Peserta hanya boleh mengirim 2 naskah terbaiknya.
• Hak untuk menyiarkannya di media online ada pada PT Gaya Favorit Press
• Redaksi berhak mengganti judul dan menyunting tanpa mengubah isi.
• Naskah yang tidak menang, namun memenuhi syarat, akan dimuat di femina. Penulis akan mendapat honor sesuai standar femina.
• Keputusan juri mengikat. Tidak dapat diganggu-gugat dan tidak ada surat menyurat.
• Lomba ini tertutup untuk karyawan Feminagroup.

Syarat Khusus Cerpen:
• Diketik dengan komputer di atas kertas HVS kuarto dengan jarak dua spasi. Font Arial ukuran 12.
• Panjang naskah 6-8 halaman, dan dikirim sebanyak dua rangkap disertai 1 (satu) CD berisi naskah.
• Amplop kiri atas ditulis: Sayembara Mengarang Cerpen femina 2010.
• Naskah ditunggu selambat-lambatnya 31 Agustus 2010.
• Pemenang akan diumumkan di femina, terbit akhir November 2010.
• Karya pemenang utama akan dimuat di femina edisi tahunan 2011.

Syarat Khusus Cerber:
• Diketik dengan komputer di atas kertas HVS kuarto dengan jarak dua spasi. Font Arial ukuran 12.
• Panjang naskah antara 40-50 halaman.
• Dijilid dan dikirim sebanyak dua rangkap, disertai 1 (satu) CD berisi naskah.
• Amplop kiri atas: Sayembara Mengarang Cerber femina 2010.
• Naskah ditunggu selambat-lambatnya 30 November 2010.
• Pemenang akan diumumkan di femina, terbit akhir April 2011.
------------------------------------

LIP ICE-SELSUN GOLDEN AWARD Berhadiah Total Rp 85 Juta +

Syarat-syarat Lomba:
1. Lomba ini terbuka untuk pelajar tingkat SLTP (Kategori A), SLTA
(Kategori B) dan Mahasiswa/Guru/Umum (Kategori C) dari seluruh
Indonesia maupun yang studi/bekerja di luar negeri. Kecuali keluarga
besar PT ROHTO Laboratories Indonesia dan Panitia/Dewan Juri LMCR 2010
2. Lomba dibuka 21 April 2010 dan ditutup 15 September 2010 (Stempel Pos)
3. Tema Cerita:
Dunia remaja dan segala aspek kehidupannya (cinta,
kebahagiaan, kepedihan, harapan, kegagalan, cita-cita, derita dan
kekecewaan)
4. Judul bebas tetapi harus mengacu tema Butir 3
5. Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu judul
6. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia literer (indah, menarik,
mengalir) dan komunikatif. Bahasa gaul dan bahasa daerah/asing boleh
digunakan untuk segmen dialog para tokohnya – jika itu diperlukan dan
sesuai dengan tema
7. Naskah yang dilombakan harus asli (bukan jiplakan) dan belum
pernah dipublikasi

Ketentuan Khusus :

Naskah ditulis di kertas ukuran kuarto, ditik berjarak 1,5 spasi, font 12, huruf Times New Roman, margin justified 2 Cm, panjang naskah antara 6 – 10 halaman, dikirim ke panitia dalam bentuk printout 3 (tiga) rangkap/copy disertai file dalam bentuk CD.

Cantumkan sinopsis maksimal 1 (satu) halaman, mini-biodata pengarang, foto 4R, fotocopy KTP atau SIM/Paspor/Student Card

Setiap judul cerpen yang dilombakan wajib dilampiri kemasan LIP ICE (bagian kartonnya) atau segel SELSUN Shampo jenis apa saja

Naskah cerpen yang dilombakan beserta persyaratannya dimasukkan ke dalam satu amplop (boleh berisi beberapa judul), cantumkan tulisan PESERTA LMCR-2010 dan Kategori-nya di atas amplop kanan atas dan dikirim ke: Panitia LMCR-2010 LIP ICE-SELSUN GOLDEN AWARD – Jalan Gunung Pancar No.25 Bukit Golf Hijau, Sentul City Bogor 16810

Hasil lomba diumumkan tanggal 15 Oktober 2010 melalui www.rayakulturanet dan www.rohto.co.id
1. Keputusan Dewan Juri bersifat final dan mengikat
2. Hasil Lomba:

Masing-masing kategori:
Pemenang I, II, III dan
5 (lima) Pemenang Harapan Utama,
10 (sepuluh) Pemenang Harapan dan

Pemenang Karya Favorit untuk
Kategori A: 20 Pemenang,
Kategori B: 60 Pemenang dan
Kategori C: 100 Pemenang.

Hadiah Untuk Pemenang:
Kategori A (Pelajar SLTP)
* Pemenang I – Uang Tunai Rp 4.000.000,- + LIP ICE-SELSUN GOLDEN AWARD
* Pemenang II – Uang Tunai Rp 3.000.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
* Pemenang III – Uang Tunai Rp 2.000.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
* 5 (lima) Pemenang Harapan Utama masing-masing mendapat Uang
Tunai Rp 1.000.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
* 10 (sepuluh) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Bingkisan
dari PT ROHTO + Piagam LIP ICE-SELSUN
* 20 (dua puluh) Pemenang Karya Favorit masing-masing mendapat
Piagam LIP ICE-SELSUN
* Seluruh pemenang mendapat hadiah ekstra 1 (satu) Buku Kumpulan
Cerpen Pemenang Utama LMCR-2010
* Sekolah Pemenang I, II dan II berhak mendapat 1 (satu) unit TV

Kategori B (Pelajar SLTA)
* Pemenang I – Uang Tunai Rp 5.000.000,- + LIP ICE-SELSUN GOLDEN AWARD
* Pemenang II – Uang Tunai Rp 4.000.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
* Pemenang III – Uang Tunai Rp 3.000.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
* 5 (lima) Pemenang Harapan Utama masing-masing mendapat Uang
Tunai Rp 1.000.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
* 10 (sepuluh) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Bingkisan
dari PT ROHTO + Piagam LIP ICE-SELSUN
* 60 (enam puluh) Pemenang Karya Favorit masing-masing mendapat
Piagam LIP ICE-SELSUN
* Seluruh pemenang mendapat hadiah ekstra 1 (satu) Buku Kumpulan
Cerpen Pemenang Utama LMCR-2010
* Sekolah Pemenang I, II dan III berhak mendapat 1 (satu) unit TV

Kategori C (Mahasiswa/Guru/Umum)
* Pemenang I – Uang Tunai Rp 7.500.000,- + LIP ICE-SELSUN GOLDEN AWARD
* Pemenang II – Uang Tunai Rp 6.000.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
* Pemenang III – Uang Tunai Rp 4.000.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
* 5 (lima) Pemenang Harapan Utama masing-masing mendapat Uang
Tunai Rp 1.500.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
* 10 (sepuluh) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Bingkisan
+ Piagam LIP ICE-SELSUN
* 100 (seratus) Pemenang Karya Favorit masing-masing mendapat
Piagam LIP ICE-SELSUN
* Seluruh pemenang mendapat hadiah ekstra 1 (satu) Buku Kumpulan Cerpen Pemenang
Utama LMCR-2010

1. Naskah cerpen yang dilombakan jadi milik PT ROHTO, hak cipta
milik pengarangnya. Informasi lebih lanjut e-mail ke rayakultura@gmail.com

Jakarta, 10 April 2010
Ketua Panitia LMCR-2010
Dra. Naning
-----------------------------------------

Kompetisi Menulis 100% Roman Asli Indonesia

Udah nggak zamannya lagi berkhayal menjadi penulis terkenal. Saatnya tunjukkan talenta menulismu di KOMPETISI MENULIS “100% ROMAN ASLI INDONESIA” dan berkilauanlah sebagai penulis muda berbakat bersama GagasMedia!

Syarat-syaratnya gampang banget:

•Naskah novel harus asli buatan sendiri, bukan saduran apalagi jiplakan. Naskah ber-sub genre roman apa saja—domestic drama, mainstream, classic, atau teen. (keterangan masing-masing sub genre bisa kamu kulik di link: http://gagasmedia.net/Syarat-pengajuan-naskah.html).
o Buat referensi domestic drama, baca After the Honeymoon (Ollie), Alphawife (Ollie), dan Dongeng Semusim (Sefryana Khairil).
o Buat referensi mainstream romance, baca Baby Proposal (Dahlian & Gielda Lafita), Dia (Nonier), Pillow Talk (Christian Simamora), dan Orang Ketiga (Yuditha Hardini).
o Buat referensi classic romance, baca Morning Glory (LaVyrle Spencer) dan From Batavia with Love (Karla M. Nashar).
o Buat referensi teen romance, baca Ai (Winna Efendi) dan Refrain (Winna Efendi).

• Panjang naskah 75-150 hal A4, spasi 1, Times News Roman 12. Sertakan sinopsis keseluruhan isi cerita, maks. 2 hal.
• Buat video (durasi maks. 3 menit) berisi promo singkat novelmu dan kenapa novel ini layak menang. Video di-upload di Youtube, Facebook, atau media videoshare lainnya.
• Naskah berbentuk print out sebanyak 1 (satu) eksemplar. Sertakan formulir lomba (DOWNLOAD di web gagas media). Kamu wajib mencantumkan link video buatanmu di formulir.
• Kirimkan naskah dan semua elemen pelengkapnya ke: REDAKSI GAGASMEDIA, Jl. Haji Montong No. 57, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12630 (Kode: 100% ROMAN ASLI INDONESIA—tulis di amplop naskahmu)
• Naskah ditunggu paling lambat 25 September 2010 (cap pos).
• Pengumuman seleksi I : 11 Oktober 2010 melalui website lomba. Peserta yang lolos seleksi I wajib mengirimkan 4 kopi naskah ke redaksi GagasMedia (kode: 20 Besar 100% Roman Asli Indonesia).
• Pengumuman pemenang bisa kamu lihat di website resmi lomba pada tanggal 15 November 2010.
• Keputusan juri tidak bisa diganggu gugat.

Hadiahnya? Mmmh, nggak kalah seru!
Juara 1 : uang tunai Rp 5.000.000, kontrak penerbitan* dari GagasMedia, paket buku, dan paket holiday trip untuk kamu dan pasangan
Juara 2 : uang tunai Rp 3.000.000, kontrak penerbitan* dari GagasMedia, dan paket buku.
Juara 3 : uang tunai Rp 1.500.000, kontrak penerbitan* dari GagasMedia, dan paket buku.
*Diatur dengan ketentuan tersendiri

Tunggu apa lagi? Mulailah bekerja dengan laptop—dan jangan lupa siapkan kopi serta camilan. Start writing your romance novel and be a star!

Love,
GagasMedia


Dicari naskah agama Islam!

Kriteria: praktis, aplikatif, dapat dikonsumsi oleh semua kalangan (bukan hanya akademisi atau santri), bernilai manfaat tinggi bagi pembaca, dan marketable. Segera kirimkan ke redaksi citra_risalah@yahoo.com
I. IKUTAN ANTOLOGI YUK!

Tema: Tradisi lebaran di daerahmu
Silahkan kirimkan cerita anda mengenai tradisi lebaran di keluarga/di daerah anda yang unik, khas, lain daripada yang lain, yang menyenangkan, mengharukan, kandungan hikmah, yang bertentangan dengan syariat Islam maupun tradisi yang telah tergerus oleh perubahan zaman.

Ketentuan:
1) Cerita ditulis berdasarkan kisah nyata (nonfiksi)
2) Ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Times New Roman 12, 1,5 spasi, min. 6 hal, maks. 10 hal.
3) Belum pernah dipublikasikan di media manapun.
4) Naskah diterima paling lambat 24 Juli 2010 jam 24.0.
5) 20 naskah yang lolos akan diumumkan 1 Agustus 2010 dan akan coba ditawarkan ke penerbit.
6) Naskah dikirim ke tri7_ready@yahoo.co.id cc ke manto_070777@yahoo.co.id
IV. UNDANGAN ANTOLOGI 100 PUISI IBU SE-INDONESIA


Sehubungan dengan program kerja di tahun 2011, Sastra Welang Publisher mengundang rekan – rekan pecinta Sastra Se – Indonesia untuk mengirimkan karya puisi dalam program penerbitan buku Antologi 100 Puisi Se – Indonesia bertema Ibu.

...TUJUAN
Tujuan dari proyek penerbitan buku Antologi 100 Puisi Ibu Seindonesia:
1. Media / Sarana publikasi untuk rekan-rekan pecinta sastra
2. Hasil seleksi dari pengumpulan materi puisi ini akan dijadikan sebuah buku. Dibagikan kepada 100 penulis se Indonesia yang berhasil masuk seleksi. Sebagian akan dijual di toko buku.

TATA CARA1 Tema: Ibu
2 Kategori: umum
3 Karya tidak mengandung unsur-unsur SARA.
4 Karya yang dikirim harus karya sendiri (orisinil), bukan karya orang lain, bukan pula saduran atau terjemahan.
5 Karya puisi belum pernah dipublikasikan di media cetak manapun dan tidak sedang diikutkan dalam perlombaan tertentu.
6 Setiap peserta cukup mengirimkan satu karya puisi.
7 100 karya puisi akan masuk ke dalam buku Antologi 100 Puisi Ibu Se Indonesia
8 Karena keterbatasan dana, setiap penulis yang berhasil masuk seleksi tidak mendapat honor atau royalti, namun berhak mendapat 2 buah buku sebagai bentuk kontrapretasi yang akan dikirim melalui pos.
9 Naskah puisi dikirim ke alamat email satrio_welang@yahoo.com
10 Setiap naskah puisi yang dikirim disertai biodata dan profil singkat berikut nama jelas atau nama pena ( jika memiliki), alamat surat dan nomor telepon atau handphone yang bisa dihubungi.
11 Batas waktu pengiriman naskah puisi: 30 September 2010, buku terbit di tahun 2011



Sastra Welang Publisher kini tengah merampungkan buku Antologi Cerpen Sastrawan Bali Lintas Generasi yang akan diterbitkan pada tahun 2010. Sastra Welang Publisher berkedudukan di Bali, berupaya menerbitkan karya sastra baik puisi , cerpen maupun novel. Buku terbitan pertamanya adalah Desa Kala Patra, Kumpulan Naskah Drama Temu Teater Mahasiwa Nusantara 7.

Salam Sastra,
Sastra Welang Publisher

Phone: 081 916 384 162
E-mail : satrio_welang@yahoo.com
Web: http://www.facebook.com/l/612fd;www.satriowelang.com
Facebook : Moch Satrio Welang
Skype : satria_welang

6 Response to "WRITING jULI-aGUSTUS 2010"

  1. Arif A Y says:

    gw seneng dgn tulisan mu..
    kunjungi blog gw ya...
    ^_^

    oke Arif....Mieny juga suka jalan2 t4 Mu...

    ape lagi kalo kamu mau ngajak jalan2 GRATIS

    wah, dulu saya juga pengen jadi penulis...hehehe nyoba2 ngirim karya ke koran gak pernah diterima, kacau...hehehehe

    Mampir ke blog sajakku wizurai9.blogspot.com

    saya suka itu..^_^

    Mz dedy....iya ni coba2 ajah, sambil melatih bakat....hehe

    Kak Luthfi .....yupz..saya juga suka...

    ayumi says:

    hola....
    ikut lomba cerpen lip ice selsun juga ya? :) salam kenal ya

Posting Komentar

Mini GK author from Gunungkidul, Indonesia

Tiket Promo

Followers